Kucing Persia (Persian Cat)

kucing-persiaKucing Persia adalah ras kucing berbulu panjang dengan face bulat dan hidung pesek (pendek). Salah satu ras kucing tertua di dunia ini, berasal dari dataran Persia Iran. Kucing yang dikembang biakkan pertama kali oleh warga inggris ini dan kemudian diternakkan oleh orang Amerika pada abad 19 merupakan kucing yang sangat populer di indonesia.

kucing persia yang ada sekarang merupakan hasil dari berbagai perkawinan silang dan penangkaran yang selektif,sehingga menghasilkan kucing dengan berbagai jenis warna dan bulu.kucing ini semakin populer untuk dijadikan peliharaan dikarenakan pembawaan karakternya yang tenang dan tidak “nakal”.Kucing persia merupakan kucing yang sempat sangat popular di Amerika selama beberapa tahun tetapi seiring waktu semakin turun tingkat kepopularitasannya terutama di Inggris dan Prancis.

Kucing ini amat mirip dengan kucing anggora,yang membedakannya dengan kucing anggora adalah bulu yang lebih lebat, ekor yang lebih panjang dan kepala yang lebih bulat dan besar,namun  tidak semua pecinta kucing setuju dengan hal tersebut, dikarenakan perbedaan antara kucing persia dan anggora sangatlah tipis.sedangkan pada buku yang berjudul “The Book of Cat” yang ditulis Francis Simpson menyatakan bahwa anggora dan persia tampaknya tidak ada perbedaan.

Berikut lebih jelasnya anotomi tubuh dari kucing persia:

Kepala :
Kepala persia besar dan bulat, hidung pesek dan lebar dengan celah pembatas yang jelas dengan mata. Rahang kuat dan lebar, pipi penuh ditopang tulang pipi yang menonjol. Bila dilihat dari samping, bagian dahi hidung dan dagu berbentuk garis tegak lurus.

Telinga : berujung bulat, bagian dasar melebar, tidak terlalu tinggi dan miring ke depan.

Mata : mata yang membuka berbentuk bulat dan lebar, warna mata berhubungan dengan warna bulu.

Badan : dada lebar dan membulat dengan bagian punggung sedikit membulat, ukuran dan posisi perut bagian belakang membulat dan lebih rendah (cobby)

Kaki : pendek, tebal, kuat ditopang tulang yang berukuran besar. Kaki depan lurus dan kaki belakang juga lurus bila dilihat dari belakang.

Cakar : besar, bulat dan kokoh, lima jari di kaki depan dan empat jari di kaki belakang

Bulu : panjang dan tebal mengkilap, menutupi seluruh badan

Berdasarkan panjang bulunya, persia terdiri daru dua tipe yaitu yang berbulu panjang (long haired persian) dan yang berbulu pendek (exotic short hair),sedangkan untuk warna bulu kucing ini mempunyai cukup banyak variasi warna.

Ekor : berbulu tebal,lurus, panjang sesuai proporsi badan

Sifat : mudah beradaptasi dengan berbagai macam tempat, suka bermain dan mudah untuk disayangi. Ekspresi wajah yang manis dengan sifat tenang bisa duduk dan tidur disatu tempat selama berjam-jam, tidak berisik serta bersuara lembut.sehingga sangat cocok di jadikan peliharaan di rumah.

Sedangkan karena bentuk wajahnya yang bulat disertai hidung pesek membuat kucing persia sangat rentan terhadap berbagai penyakit seperti sulit bernafas, penyakit mata, kesulitan melahirkan dan penyakit kulit. Rentan usia kucing Persia modern saat ini dapat mencapai usia 15 tahun.

Untuk perawatan memelihara kucing ini tergolong rumit,faktor bulu merupakan faktor terumitnya karena bulu mereka yang panjang sehingga sangat susah menjaga mereka agar tetap bersih.Untuk membersihkannya haruslah sering dimandikan dengan jangka waktu yang benar dan dikeringkan dengan hati-hati.Sementara mata yang selalu mengeluarkan belek harus dibersihkan secara teratur agar tidak menumpuk menjadi kerak mata dan terjadi pewarnaan air mata.

Karena perawatan kucing ini teramat sulit jika belum terbiasa maka anda harus benar-benar mempersiapkan diri,terutama mental.Yang harus dimiliki secara mendasar adalah rasa sayang kita terhadap kucing berbulu panjang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>